Agenda

Sesjen Wantannas Usulkan Perubahan Dewan Ketahanan Nasional Menjadi Dewan Keamanan Nasional

  • 17 Jul 2019
  • 08.00 AM

Jakarta, 17 Juli 2019, Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II Paripurna DPR RI Lantai 1, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/07/2019).

RDP kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR Asril Hamzah Tanjung, S.IP dan diikuti beberapa anggota dari anggota DPR lainnya.

Dalam paparannya, Sesjen Wantannas Laksda TNI Achmad Djamaludin menyampaikan rancangan kinerja yang sedang disusun Setjen Wantannas yaitu menghidupkan kembali Dewan Keamanan Nasional.

“Kita berkaca dalam kejadian yang lalu ada demo yang berjilid-jilid, begitu maraknya hoax, ini siapa yang memutuskan, siapa yang memberikan saran kepada Presiden, krisis nasional ini belum ada satu institusi yang memutuskan, jadi ini yang sedang digarap oleh Setjen Wantannas ke depan apakah akan diubah menjadi Dewan Keamanan Nasional atau bagaimana,” ungkapnya.

Achmad Djamaludin juga memaparkan lanjutan Program Bela Negara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu Seminar Sagu Nasional yang berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri di Jayapura, Papua.

Anggota DPR RI Effendi MS Simbolon dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menganjurkan kepada Setjen Wantannas untuk mengajukan penambahan anggaran untuk pengadaan gedung kantor mengingat sampai saat ini Setjen Wantannas belum memiliki gedung sendiri.

Komisi I DPR mengapresiasi pelaksanaan kinerja dan penyerapan anggaran Setjen Wantannas dimana capaian penyerapan anggaran sudah mencapai 91,15 persen. Apresiasi yang sama juga diberikan terkait hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Setjen Wantannas dengan peraihan opini Wajar Tanpa Pengecualian.